11 Obat Penurun Panas Anak Alami yang Efektif untuk Dicoba

Orang tua mana yang tidak khawatir bila Si Kecil mengalami demam. Padahal sebenarnya demam hanyalah respons tubuh dari gejala penyakit tertentu seperti infeksi bakteri atau virus. Untuk menurunkan demam anak, Anda bisa mencoba obat penurun panas anak alami yang terbukti efektif.

Mungkin banyak di antara Ibu yang langsung memberikan anak obat berbahan kimia saat anak demam, seperti obat jenis paracetamol atau ibuprofen. Padahal, jika demam yang dialami anak termasuk ringan, Anda bisa memberikan anak obat alami yang bisa dibuat sendiri di rumah. 

Obat Penurun Panas Anak Alami yang Efektif

  1. Jahe

Jahe memang sudah jadi obat tradisional populer yang ampuh mengatasi berbagai macam penyakit. Jahe mengandung sifat antibakteri yang efektif melawan demam, batuk, dan gejala-gejala lainnya. 

Anda bisa membuatkan anak minuman hangat dari jahe. Minuman hangat dari jahe ini akan membuat anak berkeringat, menghilangkan panas, dan racun yang ada di tubuh anak. Selain menyehatkan, minuman dari jahe ini juga terasa enak apalagi ditambah madu.

  1. Chamomile

Teh chamomile adalah obat alami yang baik digunakan ketika mengalami demam. Cara membuatnya juga mudah. Rebus air dan rendamlah daun teh chamomile selama 1 menit. Tambahkan madu agar rasanya semakin nikmat. Anda bisa memberikan secangkir teh pada anak sebanyak 2 kali sehari. 

Teh herbal ini tidak punya rasa yang aneh sehingga bisa dinikmati oleh anak. Teh chamomile ini juga ampuh mengurangi demam anak dan membuatnya cepat pulih. Chamomile ini bisa didapat di toko obat herbal terdekat.

  1. Echinacea

Echinacea mungkin masih terdengar aneh bagi Anda. Padahal echinacea ini sudah digunakan sejak dulu untuk menurunkan panas. Anda bisa memberikan teh echinacea saat anak mengalami demam.

Teh echinacea ini bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak, melawan infeksi, dan menghilangkan demam secara lebih cepat dan efisien.

  1. Bawang merah

Bawang merah ternyata juga bisa dijadikan obat. Bawang merah akan membuat suhu panas tubuh jadi turun dan mengurangi rasa sakit yang dirasakan tubuh selama anak demam.

Menjadikan bawang merah sebagai obat cukup mudah, Anda bisa mengiris bawang merah dan mencampurkannya dengan minyak telon atau minyak kayu putih. Balurkan campuran minyak dan bawang di tubuh anak sebanyak 2 kali sehari. Lakukan secara rutin agar suhu tubuh anak segera turun dan cepat pulih. 

  1. Air kelapa

Air kelapa juga jadi obat penurun panas anak alami dan baik untuk menyegarkan tubuh. Dalam air kelapa mengandung vitamin, mineral, dan elektrolit yang bisa jadi cara efektif agar tetap menghidrasi tubuh selama demam dan mempercepat pemulihan.

  1. Lemon dan madu

Campuran melon dan madu efektif mengatasi demam dan menurunkan panas tubuh anak. Lemon dan madu akan memperkuat kekebalan tubuh seseorang. Untuk membuatnya, cukup menambahkan 1 sdm madu dalam 1 sdm jus lemon. 

Canda bisa memberikan campuran ini pada anak untuk menurunkan panas badannya. Campuran keduanya juga terasa enak dan menyegarkan tubuh.

  1. Lidah buaya

Lidah buaya juga jadi tanaman obat yang efektif untuk menyembuhkan berbagai penyakit, salah satunya bisa menurunkan panas tubuh. Penggunaannya bisa dengan mengoleskan gel lidah buaya secara langsung di kulit agar terasa dingin dan membuat minuman olahan gel lidah buaya.

  1. Peppermint

Dalam setiap obat alami, pasti selalu ada peppermint. Kandungan mentol yang tinggi dalam peppermint memang bersifat mendinginkan. Anda bis amengolah peppermint jadi teh hangat yang bisa membantu tubuh anak jadi berkeringat sehingga panas badannya akan turun.

  1. Sayur dan buah

Saat anak demam, berikan juga banyak sayuran dan buah yang mengandung air. Buah-buah yang baik diberikan saat anak demam seperti semangka, melon, hingga stroberi. Sedangkan sayuran yang direkomendasikan adalah seledri, mentimun, hingga kembang kol. Anda juga bisa menyajikan keduanya dalam bentuk salad atau smoothie. 

  1. Mandi air hangat

Obat penurun panas anak alami yang bisa diberikan adalah mandi air hangat. Siapkan air hangat dalam bak mandi dan ajaklah anak berendam di dalamnya selama lebih kurang 20 menit. Air yang menguap dari kulitnya akan memberikan efek mendinginkan dan menurunkan suhu tubuh anak. Jangan sampai menggunakan air dingin karena bisa membuat suhu tubuh anak jadi naik.

  1. Menggunakan kipas angin

Penggunaan kipas angin hanya untuk menjaga suhu ruangan saja. Agar Si Kecil tidak kepanasan atau kedinginan. Namun, jangan sampai mengarahkan kipas angin ke tubuh anak.

Itulah 11 obat penurun panas anak alami yang bisa dicoba. Obat ini akan membantu menurunkan demam anak yang ringan. Jika demam anak tergolong berat dan berlangsung lama, maka segera periksakan anak ke dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *