5 Manfaat Madu Zuriat untuk Kesehatan

Madu zuriat adalah madu yang terbuat dari ekstrak buah zuriat. Buah zuriat banyak ditemukan di Afrika dan Timur Tengah seperti Mesir, Arab Saudi serta Sudan. Manfaat madu zuriat terkenal untuk meningkatkan kesuburan. Karena itu, banyak pasangan yang mengonsumsi madu zuriat selama melakukan program hamil.

Manfaat Madu Zuriat untuk Kesehatan

Bukan hanya untuk meningkatkan kesuburan, madu zuriat juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Itu karena kandungan antioksidan serta metabolit sekunder seperti saponin, steroid, glikosida, flavonoid, terpen, terpenoid dan fenol. 

Selain itu, buah zuriat juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yaitu vitamin B1, b2, B3, B6, B9, B12, kalium, natrium, kalsium, mangan magnesium, dan fosfor.

Dalam sebuah studi juga ditemukan jika buah zuriat memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, antimikroba dan antikanker.

Agar lebih jelasnya, berikut beberapa manfaat madu zuriat untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh.

Manfaat madu hutan diklaim lebih baik ketimbang madu biasa
  1. Mengurangi Stres Oksidatif

Kandungan antioksidan yang ada pada madu zuriat mampu membantu mengurangi stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi karena adanya ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan di dalam tubuh. Ketika jumlah radikal bebas di dalam tubuh lebih banyak maka bisa menyebabkan hal-hal seperti:

  • Diabetes
  • Aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah)
  • Tekanan darah tinggi
  • Penyakit jantung
  • Penyakit neurodegeneratif, seperti Parkinson dan Alzheimer
  • Kanker

Anda bisa terpapar radikal bebas dari polusi udara, radiasi dan asap rokok.

  1. Anti-inflamasi

Manfaat madu zuriat selanjutnya adalah sebagai anti-inflamasi. Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika buah zuriat memberikan perbaikan yang signifikan pada penderita sindrom iritasi usus besar.

Selain itu, dalam penelitian lain juga menunjukkan jika melakukan pengobatan dengan ekstrak buah zuriat juga mampu menurunkan peradangan granuloma. Itu karena adanya senyawa flavonoid, kumarin dan saponin.

Bukan hanya itu saja, ekstrak buah zuriat juga mampu mengurangi komplikasi yang berhubungan dengan disfungsi ginjal. Ini terbukti pada penelitian menggunakan hewan yang disuntik dengan siklosporin dan ditambah dengan buah zuriat menunjukkan jika fungsi ginjalnya mengalami perbaikan yang signifikan jika dibandingkan dengan hewan yang hanya mendapatkan suntikan siklosporin.

  1. Mencegah Kanker

Selain dapat menyebabkan stres oksidatif, radikal bebas juga bisa menyebabkan kanker. Kandungan antioksidan yang ada pada madu zuriat memainkan peran penting untuk perkembangan kanker.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika ekstrak buah zuriat memiliki aktivitas antioksidan dan antikanker pada leukemia myeloid akut. Penelitian tersebut menemukan jika buah zuriat mampu mengurangi kelangsungan hidup sel-sel tumor.

  1. Membantu Mengatasi Diabetes

Diabetes merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Penderita diabetes harus mengontrol makan dan membatasi asupan gula khususnya makanan dengan indeks glikemik tinggi. Buah zuriat memiliki indeks glikemik rendah yang dapat membantu penderita diabetes mengontrol kadar gula darahnya.

Buah zuriat juga dipercaya bisa mencegah komplikasi diabetes salah satunya adalah nefropati diabetik.

  1. Baik untuk Pencernaan

Siapapun pasti sering mengalami masalah pencernaan salah satunya adalah sembelit. Sembelit dapat disebabkan oleh mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Karena itu saat sembelit melanda, mengonsumsi buah-buahan yang kaya serat mampu mengatasi sembelit. Selain dengan buah, Anda juga dapat mengonsumsi madu zuriat karena kandungan serat di dalamnya berguna untuk mengobati sembelit.

  1. Bersifat Antibakteri, Antimikroba dan Antihipertensi

Dalam sebuah penelitian menunjukkan jika ekstrak buah zuriat menunjukkan aktivitas antibakteri yang cukup kuat pada Salmonella typhi. Namun tidak dengan E.coli. Buah zuriat juga menunjukkan aktivitas antimikroba dan antihipertensi karena kandungan flavonoid yang ada di dalamnya.

Manfaat madu zuriat untuk kesehatan memang cukup banyak, meski begitu usahakan untuk mengonsumsi madu zuriat sesuai dengan anjuran pakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *