Berikut Ini Daftar Makanan Penyebab Kista yang Perlu Dihindari

Kista merupakan penyakit yang banyak menyerang wanita. Penyakit ini biasanya baru disadari ketika ditemukan benjolan-benjolan berisi air atau gas pada tubuh. Tanpa disadari, terdapat makanan penyebab kista di sekitar kita yang memicu munculnya kista pada tubuh.

Penyakit kista terdiri dari 2 jenis, yaitu kista fungsional dan kista patologis. Kista fungsional merupakan kista yang umum muncul dan terjadi selama proses menstruasi wanita dan biasanya dapat hilang sendiri dalam dua atau tiga kali siklus menstruasi tanpa perlu pengobatan dan tidak menyebabkan sakit sama sekali. 

Kista ovarium adalah kantong berisi cairan yang tumbuh di ovarium atau indung telur

Sedangkan kista patologis merupakan kista yang muncul akibat adanya sel abnormal yang berkembang menjadi tumor jinak dan mengganggu proses ovulasi pada ovarium. Kista inilah yang biasanya menyebabkan sakit yang sangat luar biasa pada sistem reproduksi wanita dan apabila dibiarkan dapat membahayakan indung telur.

Untuk menghindari risiko kista, Anda harus tahu apa saja penyebab atau pemicu penyakit ini. Salah satunya adalah makanan penyebab kista seperti:

1. Gorengan

Makanan penyebab kista pertama adalah gorengan. Gorengan mungkin bagi sebagian orang menjadi makanan favorit yang sering dikonsumsi. Di Indonesia sendiri ada banyak sekali jenis gorengan yang akan sangat mudah untuk ditemui di berbagai tempat atau pinggir jalan. Nyatanya jajanan murah meriah ini memiliki banyak sekali kandungan lemak jenuh yang sangat tidak baik bagi tubuh apabila dikonsumsi secara berlebihan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol tubuh dalam darah. 

Selain itu, kandungan minyak nabati olahan yang biasa digunakan sebagai minyak untuk menggoreng makanan ini juga dapat mengganggu kestabilan hormon tubuh. Untuk itu sebaiknya Anda perlu mengurangi dan menghindari mengkonsumsi gorengan secara berlebihan.

2. Daging Merah

Makanan tinggi lemak lainnya yang harus dihindari agar tidak menyebabkan kista atau memperparah kista yang sudah ada adalah daging merah. Daging merah merupakan makanan yang tinggi protein dan zat besi, namun tidak baik jika dikonsumsi dalam jumlah sangat banyak. Terutama bagi penderita kolesterol dan darah tinggi, daging merah tidak disarankan. Daging merah yang harus Anda kurangi jumlahnya antara lain daging sapi, daging domba ataupun daging sapi.

3. Makanan yang Mengandung Gula Rafinasi Tinggi

Makanan penyebab kista berikutnya adalah makanan yang mengandung gula rafinasi tinggi. Makanan dengan kandungan gula rafinasi tinggi dapat menyebabkan dan memperburuk pembentukan kista ovarium. Contoh makanan gula rafinasi tinggi adalah makanan atau minuman ringan seperti jus olahan, manisan, kue kering dan lainnya.

4. Minuman Berkafein dan beralkohol

Menghindari  minuman yang mengandung kafein dan alkohol sangat baik untuk mencegah tumbuhnya kista di tubuh Anda, karena minuman beralkohol dapat menyebabkan terganggunya keseimbangan hormon tubuh yang sangat berpengaruh untuk bertumbuhnya kista di dalam tubuh. Sementara itu, minuman berkafein dapat meningkatkan resiko peradangan pada tubuh. Hal ini dapat berpengaruh terhadap pembentukan kista di dalam tubuh ataupun memperburuk kondisi kista yang sudah ada.

Itulah daftar makanan penyebab kista yang sebaiknya Anda hindari atau kurangi jumlahnya untuk mencegah tumbuhnya kista di dalam tubuh. Selain mencegah terbentuknya kista di dalam tubuh, menghindari serta mengurangi makanan-makanan di atas juga sangat baik bagi kesehatan tubuh guna mencegah berbagai macam penyakit lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *