Cara Membersihkan Lidah Bayi Secara Aman

Hal yang perlu diperhatikan dari bayi bukan hanya dari sisi perkembangan dan pertumbuhannya saja. Ada beberapa hal lain yang perlu diperhatikan, salah satunya adalah bagaimana cara membersihkan lidah bayi secara aman. Karena lidah si kecil,memang membutuhkan jenis perawatan khusus. 

Mungkin saat ini masih banyak orangtua yang tidak memberikan perhatian khusus terhadap lidah bayi. Padahal, bayi dengan Kesehatan mulut yang tidak dijaga, bayi akan lebih mudah terkena penyakit. Lantaran infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan kuman yang menempel pada gigi dan juga gusinya. 

Ketahui Cara Membersihkan Lidah Bayi yang Benar

Nah, membersihkan lidah bayi, merupakan salah satu cara untuk menjaga mulutnya dari kuman dan juga bakteri. Karena memiliki potensi untuk masuk ke dalam pencernaannya yang masih sensitif dan juga rentan. 

Bagi kamu yang mungkin sedang penasaran tentang bagaimana cara membersihkan lidah bayi secara aman, silakan simak cara berikut ini. 

  1. Cuci Tangan Sebelum Membersihkan Lidah Bayi

Cara pertama yang harus dilakukan untuk membersihkan lidah bayi adalah dengan membersihkan tangan dahulu sebelum melakukannya. Silakan gunakan sabun antiseptik agar tidak terdapat kuman ataupun bakteri yang tersisa. Hal ini untuk mengurangi risiko masuknya bakteri dan kuman ke mulut bayi. 

Silakan cuci dengan menggunakan air hangat hingga dirasa bersih. Sebelum membersihkan mulut si bayi, pastikan tangan yang akan membersihkannya dikeringkan terlebih dahulu. 

  1. Melilitkan Kain Kasa di Jari Telunjuk

Kamu bisa menyiapkan alat sederhana untuk membersihkan mulut bayi. Salah satu yang bisa digunakan adalah kain kasa. Jangan lupa untuk melilitkannya ke jari telunjuk terlebih dahulu. Namun, sebelum melilitkannya, silakan untuk mencelupkan kain kasa ke air hangat terlebih dahulu. 

Ingat, air yang digunakan jangan terlalu panas dan jangan terlalu rendah suhunya. Agar bisa sesuai dengan kondisi mulut bayi. Setelahnya, kamu bisa menggendongnya di salah satu tangan dan lakukan pembersihan mulut si kecil menggunakan tangan lainnya yang sudah dililitkan kain kasa. 

  1. Gosoklah Permukaan Lidah Bayi dengan Lembut

Cara membersihkan lidah bayi selanjutnya adalah dengan menggosok permukaan lidahnya dengan lembut. Jangan terlalu keras agar bayi bisa merasa aman dan nyaman. Gosoklah permukaan lidahnya dengan gerakan perlahan dan gerakan memutar. 

Setelah selesai melakukan proses tersebut, lanjutkan pada aktivitas untuk memijat gigi, gusi, dan juga pipi bayi dengan cara yang lembut. Kamu harus mencoba untuk membersihkan mulut bayi setiap hari agar di dalam mulutnya tidak ada kotoran yang menumpuk.

  1. Sesuaikan dengan Usia

Yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah dengan menyesuaikan metode pembersihan mulut dengan usia bayi. Ada beberapa ketentuan yang harus kamu lakukan pada setiap tingkatan usia bayi. Berikut ini penjelasannya. 

  • Usia 3 bulan

Bagi bayi usia tiga bulan, silakan gunakan cara di atas untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan membuatnya merasa aman serta nyaman.

  • Usia 6 bulan

Bagi bayi yang sudah berusia enam bulan dan sudah ada gigi pertama yang muncul, para orangtua bisa menggunakan jenis sikat gigi yang lembut dan juga ramah untuk anak lengkap dengan pasta giginya. 

Jangan terlalu banyak menggunakan pasta gigi, cukup gunakan pasta gigi seukuran sebutir beras saja.

  • Usia 1 tahun:

Silakan mulai dengan cara memeras pasta gigi yang ada pada sikat gigi basah. Lalu, langsung peragakan bagaimana cara untuk menggosok gigi yang baik dan benar.Pada usia satu hingga dua tahun, cara membersihkan mulut bayi yang harus dilakukan yakni sudah bisa menggunakan sikat gigi. Silakan beri contoh dan ajaklah ia untuk sikat gigi secara rutin agar kesehatan mulutnya terjaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *