Cara Mengatasi Masuk Angin pada Anak Bayi

Apabila bayi Anda merasa tidak nyaman, kadang bisa menjadi rewel dan menangis karena mereka berjuang untuk bisa merasa nyaman. Bayi perlu bantuan untuk mengeluarkan gas atau angin tersebut. Jika Anda mencari cara mengatasi masuk angin pada anak bayi, pastikan hanya menggunakan metode yang aman. 

Dari ketidaknyamanan tersebut mereka membutuhkan tindakan untuk pencegahan dan pengobatan. Bayi yang kembung sebenarnya tidak berarti ada yang salah, semua orang akan menghasilkan gas dalam sistem pencernaan. Sesungguhnya kembung pada bayi pada usia 3 hingga 4 bulan merupakan hal yang wajar, karena saluran pencernaan tidak bisa berfungsi sempurna.

Namun ketika bayi Anda sudah bertambah usia, maka akan lebih sering mengalami perut kembung karena telah mencoba berbagai macam makanan. Penyebab kembung bisa disebabkan juga karena masuk angin. Cara mengatasi masuk angin pada anak bayi Anda yaitu bisa diminimalkan dengan memberikan ASI atau susu bayi sebelum mereka merasakan lapar. 

Di bagian perut memang memang terdapat gas, tetapi ketika menjadi masalah gas di dalamnya berlebihan. Bagi anak yang sudah besar hal ini dapat mudah dikeluarkan. Tetapi berbeda dengan bayi, tidak semua bayi dapat mengeluarkan angin pada perutnya dengan mudah, bayi sangat butuh bantuan supaya dapat mengeluarkan gas. 

Apa yang menyebabkan kembung pada bayi?

Terdapat beberapa penyebab bayi, seperti ASI Anda yang diberikan kepada bayi terdapat efek makanan yang menghasilkan gas seperti dari sayuran serta kacang-kacangan tertentu. Selain itu, makanan yang asam serta produk susu yang berlebihan pada makanan dapat memperburuk rewelnya bayi. Namun makanan yang Anda makan bukan menjadi satu-satunya penyebab. 

Apabila bayi Anda telah diberikan susu formula, kemungkinan bereaksi, karena susu formulanya, intoleransi makanan biasanya akan muncul gas dan kembung. Selain itu juga terkadang akan melihat sebagai masalah pencernaan seperti diare. 

Sistem pencernaan yang kurang berkembang, yang memungkinkan makanan melewati terlalu cepat sehingga tidak rusak sepenuhnya. Selain itu penyebab yang umum yaitu terlalu banyak menelan udara saat makan atau angin. Dari berbagai penyebab itu bagaimana cara mengatasi masuk angin pada anak yang membuat anak Anda kembung. 

Bagaimana Membantu Bayi Anda Merasa Lebih Baik?

Cobalah langkah-langkah ini untuk mencegah dan meringankan rasa sakit karena angin:

Periksa kembali posisi bayi ketika menyusui, Saat Anda sedang menyusui atau memberi susu formula, posisi kepala bayi lebih tinggi dari perutnya. Mengapa harus dilakukan hal itu, karena susu akan langsung ke perut, dan udara akan naik. Bayi pun akan mudah bersendawa. 

Periksa posisi menyusui. Ketika Anda sedang memberikan susu atau memberikan susu formula di dalam botol, coba untuk ketika memberikannya agar lebih tinggi kepala bayi Anda dari pada perutnya. Oleh sebab itu, susu akan langsung turun ke dalam perut dan udara akan naik, serta lebih mudah untuk bersendawa. Lalu coba untuk angkat botol Anda ke atas supaya bayi tidak udara pada puting susu, coba untuk menggunakan bantal khusus menyusui. 

Sendawakan bayi Anda. Terdapat cara yang muda agar meredakan kembung yaitu dengan bersendawa setelah anak bayi Anda telah menyusui. Apabila bayi Anda tidak dapat bersendawa secara langsung, maka coba untuk membaringkan beberapa menit saja.

Ganti peralatan. Apabila Anda sudah memberikan susu formula pada botol ke bayi Anda, coba untuk beralih pada puting yang alirannya lambat. 

Menyelesaikannya. Pijat lembut bayi Anda, gerakkan kaki mereka ke depan dan ke belakang (seperti mengendarai sepeda) saat mereka telentang, atau berikan waktu tengkurap. Coba memandikan anak Anda dengan air hangat agar dapat menghilangkan angin. 

Menggunakan obat di pasaran

Anda juga dapat mencoba beberapa obat yang dijual bebas untuk membantu bayi yang mengandung gas. Mintalah dokter atau apoteker Anda untuk merekomendasikannya. Anda juga harus meminta mereka untuk memastikan salah satu dari obat-obatan ini tidak akan memengaruhi obat lain yang mereka konsumsi, bahwa mereka tidak alergi terhadap apa pun di dalamnya, dan bahwa Anda memberikan dosis yang benar.

Kapan harus ke dokter untuk bayi yang terasa kembung?

Anda akan ingin mengunjungi dokter Anda tentang gas untuk mengesampingkan kondisi medis yang lebih serius jika:

  • Berat badan bayi Anda tidak bertambah
  • Bayi Anda sering tidak mau makan atau sulit menyusui. Hal ini juga bisa menjadi tanda refluks asam pada bayi Anda atau masalah pencernaan lainnya, yang keduanya memerlukan perawatan.
  • Bayi Anda tampak sembelit atau kesulitan buang air besar, angin bisa terperangkap di belakang kotoran, dokter Anda dapat membantu Anda menemukan dan mengatasi akar masalahnya.
  • Bayi Anda mengalami reaksi alergi gatal-gatal, muntah, ruam, wajah bengkak, kesulitan bernapas setelah Anda mencoba perawatan gas atau formula baru meskipun reaksi alergi, untungnya, sangat jarang terjadi
  • Jika bayi Anda kembung tetapi berat badannya bertambah serta buang air kecil dan besar secara normal untuk usianya, semuanya mungkin berjalan persis seperti yang diharapkan, dan Anda mungkin hanya perlu menunggu. Gas bayi benar-benar bisa keluar. Itulah cara mengatasi masuk angin pada anak bayi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *