Kenali Ciri-Ciri Pria Mandul yang Kerap Tidak Disadari

Mendeteksi kemandulan sejak dini memang menjadi hal yang paling tepat untuk dilakukan. Kemandulan pada pria memang salah satu masalah kesehatan pria hingga memungkinkan wanitanya susah hamil. Sekitar 13 dari jumlah 100 pasangan ternyata mempunyai kemungkinan kemandulan. Dimana penyebabnya kebanyakan dari pria. Inilah mengapa kamu harus paham apa saja ciri-ciri pria mandul.

Kemandulan bisa terjadi dikarenakan beragam hal. Baik itu produksi sperma rendah maupun fungsi sperma abnormal. 

Seringkali cirinya tidak disadari sama sekali oleh seorang pria. Inilah mengapa menjaga kesehatan reproduksi sangatlah penting untuk dilakukan. Jangan sampai permasalahan kemandulan terjadi.

Kenali ciri-ciri pria mandul yang sering tidak disadari

Mengetahui ciri pria mandul sejak dini menjadi hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Dengan hal tersebut nantinya pria bakalan memperoleh penanganan lebih tepat sesuai kondisi tubuhnya. Kemandulan pada seorang pria memang tidak mampu disadari dengan pasti bagaimana awal gejala yang terasa.

Biasanya kondisi seperti itu bakalan diketahui setelah seorang suami berjuang memperoleh momongan. Namun hasilnya tidak kunjung memperoleh hasil positif. Sebetulnya ciri-ciri pria mandul ini bisa kamu ketahui apabila memperhatikannya dengan baik. Usahakan segera melakukan konsultasi dengan dokter supaya nantinya memperoleh solusi terbaik.

Kemandulan yang terjadi pada pria bisa jadi karena beragam hal. Dari pada merasa penasaran sebaiknya kamu simak beberapa cirinya berikut ini:

1. Fungsi seksualnya menurun

Saat fungsi seksual pria menurun dimana ia susah sekali mempertahankan ereksi. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan masalah kesuburannya. Pria yang sudah mengalami kondisi ini memang bermasalah pada kadar testosteron dalam tubuh. Apabila hormonnya menurun, maka sperma yang dihasilkan pun tidak banyak lagi.

2. Mengalami kelainan testis

Menjadi organ produksi hormone testosteron sekaligus tempat pembuatan serta penyimpanan sperma. Maka kesehatan testis pun perlu dijaga dengan baik sebab ada kaitannya dengan kesuburan pria. Beragam gangguan yang biasanya terjadi seperti halnya varikokel, kanker bahkan hidrokel menghadirkan penyumbatan pada saluran spermanya. Hal tersebut nantinya bisa menjadikan sel sperma mati sebab suhu testis bakalan mengalami peningkatan.

3. Tumbuhnya rambut hanya sedikit

Ciri-ciri pria mandul kebanyakan disebabkan oleh adanya ketidakseimbangan hormon tubuh. Saat hormon seks pria berada dalam kondisi kurang maka pertumbuhan sperma pun nantinya bisa terganggu. Apabila sudah begitu maka pria pun bisa jadi mandul. Dimana salah satu cirinya bisa kamu ketahui dari sedikit rambut-rambut yang mendominasi pria. Baik itu pada bagian janggut, kumis, bulu dada, bulu kaki maupun lainnya.

4. Testis membengkak

Kondisi seperti ini biasanya terjadi karena ereksi maupun penyakit lain. Berbagai macam infeksi pun terkadang menimbulkan rasa nyeri pada area sekitar testis. Semisal saja infeksi penyakit menular seksual maupun infeksi bakteri E coli.

5. Terasa sakit ketika ejakulasi

Ciri-ciri pria mandul ternyata bisa juga kamu ketahui saat melakukan ejakulasi. Akankah merasakan sakit ataukah tidak? Jika memang kamu merasakan sakit, bisa jadi dikarenakan adanya gangguan pada prostat. Usahakan segera datang ke dokter apabila mengalami permasalahan tersebut.

6. Hasrat seksual semakin rendah

Apabila kamu mendapati hasrat seksual yang menurun. Hal tersebut ternyata menjadi salah satu ciri dari kemandulan pria. Sebab pada umumnya dorongan seksual itu berasal dari naiknya hormon tes pria.

7. Testis semakin mengarut

Kondisi seperti itu bisa terjadi dikarenakan sebuah penyakit. Sehingga testis pun alami pengerutan. Kondisi itu ternyata juga bisa menjadikan produksi sperma semakin menurun. Jadi peluang pria alami kemandulan semakin besar.

Sebetulnya masih banyak sekali ciri-ciri pria mandul lainnya yang mampu kamu ketahui. Di atas hanya sebagian saja dan semoga kamu bisa mengetahuinya. Kemandulan pada seorang pria memang masalah yang harus dihadapi. Usahakan segera melakukan konsultasi dengan dokter apabila hal tersebut terjadi. Terlebih jika kamu dan pasangan berkeinginan segera memperoleh momongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *