Ketahui Cara Mengatasi Sembelit dengan Dulcolax

Susah buang air besar atau sembelit merupakan suatu kondisi di mana jarang melakukan buang air besar bahkan kurang dari tiga kali seminggu, atau buang air besar menjadi keras atau kering. Meskipun sembelit merupakan kondisi yang sering terjadi, beberapa orang dapat mengalami sembelit hingga kronis bahkan sampai mengganggu kemampuan mereka untuk melakukan tugas sehari-hari. Selain itu, sembelit kronis juga dapat menyebabkan seseorang harus mengejan secara berlebihan saat buang air besar.

Oleh karena itu, jika Anda mengalaminya, Anda dapat mengatasi dengan mengonsumsi obat yang dijual bebas, salah satunya adalah Dulcolax.
Penyebab Sembelit
Tugas utama usus besar adalah menyerap air yang terdapat pada sisa makanan saat melewati sistem pencernaan, yang kemudian akan terbentuk tinja (limbah).
Otot usus besar kemudian bertugas mendorong limbah atau tinja untuk keluar melalui rektum untuk dibuang. Jika tinja tetap berada di usus besar terlalu lama, hal tersebut dapat memicu tinja menjadi keras dan sulit untuk dikeluarkan.
Pola makan yang buruk sering menjadi penyebab terjadinya sembelit. Hal ini karena serat yang terdapat pada makanan dan asupan air yang cukup diperlukan untuk membantu menjaga feses atau tinja tetap lunak.
Makanan yang memiliki kandungan serat yang tinggi pada umumnya terbuat dari tumbuh-tumbuhan. Serat datang dalam bentuk larut dan tidak larut . Serat larut dapat larut dalam air dan menciptakan bahan seperti gel yang lembut saat melewati sistem pencernaan.
Sedangkan serat tidak larut dapat mempertahankan sebagian besar strukturnya saat melewati sistem pencernaan. Kedua bentuk serat bergabung dengan tinja, meningkatkan berat dan ukurannya sambil melunakkannya. Hal tersebut membuat tinja menjadi lebih mudah untuk melewati rektum.
Selain itu, konstipasi atau sembelit juga dapat dipicu karena stres, perubahan rutinitas, dan kondisi yang memperlambat kontraksi otot usus besar atau menunda keinginan untuk buang air besar juga dapat menyebabkan konstipasi.
Penyebab umum sembelit meliputi:
diet atau pola makan rendah sera, terutama diet tinggi daging, susu, atau keju
dehidrasi
kurang olahraga
menunda dorongan atau menahan keinginan untuk buang air besar
perjalanan atau perubahan rutinitas lainnya
konsumsi obat-obatan tertentu, seperti antasida kalsium tinggi dan obat pereda nyeri
kehamilan.

Tak hanya itu, sembelit atau susah buang air besar juga bisa disebabkan karena masalah medis yang mendasari.
Berikut ini adalah beberapa masalah medis yang mendasari yang dapat menyebabkan sembelit:
mengalami penyakit tertentu, seperti stroke, penyakit Parkinson, dan diabetes
terdapat masalah dengan usus besar atau rektum, termasuk obstruksi usus, sindrom iritasi usus besar (IBS), atau divertikulosis
terlalu sering mengonsumsi, menggunakan atau menyalahgunakan obat pencahar (obat yang berfungsi untuk melonggarkan tinja)
gangguan hormonal, termasuk kelenjar tiroid yang kurang aktif.
Pengobatan Sembelit atau Susah Buang Air Besar
Sembelit atau susah buang air besar dapat diobati dengan obat yang dijual bebas seperti Dulcolax. Selain itu, Anda juga bisa mencegahnya dengan mengubah pola makan dan meningkatkan aktivitas fisik adalah cara termudah dan tercepat untuk mengobati dan mencegah sembelit.
Anda juga dapat mencoba teknik sebagai berikut.
Minum 1 ½ sampai 2 liter cairan tanpa kafein untuk menghidrasi tubuh.
Batasi konsumsi alkohol dan minuman berkafein, yang menyebabkan dehidrasi.
Tambahkan makanan kaya serat ke dalam diet atau menu makan Anda.
Kurangi makanan rendah serat, seperti daging, susu, keju, dan makanan olahan.
Olahraga sedang selama 150 menit setiap minggu
Jika Anda sudah merasakan ingin buang air besar, jangan tunda dan ditahan. Semakin lama Anda menunggu, semakin keras tinja Anda.
Anda juga dapat mengobati sembelit dengan mengonsumsi Dulcolax Tablet. Dulcolax memiliki kandungan bisakodil yang diklaim telah terbukti ampuh untuk meningkatkan gerakan usus sehingga buang air besar kembali lancar. Selain itu, Dulcolax juga dapat digunakan sesaat sebelum menjalani operasi atau pelaksanaan prosedur medis lainnya yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Anda bisa mendapatkan Dulcolax Tablet 5 mg dengan harga Rp18.000 untuk kemasan 1 strip isi 10 tablet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *