Manfaat dan Efek Samping Salonpas Gel Obat Sendi

Salonpas Gel adalah obat sediaan topikal atau obat luar yang digunakan untuk mengatasi nyeri pada sendi, rasa kaku atau kram pada otot, serta sakit akibat terkilir atau keseleo. Selain itu, Salonpas Gel juga dapat digunakan sebelum pemanasan ketika ingin berolahraga. Tujuannya agar otot tidak terlalu kaku pada saat olahraga yang bisa menyebabkan otot kram. Obat yang diproduksi oleh PT Hisamitsu Pharma ini dijual bebas di pasaran dan tidak perlu resep dokter untuk membelinya. Salonpas Gel memiliki kandungan Metil salisilat dan L-menthol. Metil salisilat berfungsi untuk memberikan rasa hangat yang dapat mengalihkan rasa nyeri pada otot maupun sendi. Sedangkan L-Menthol berfungsi untuk memberikan sensasi dingin dan sejuk agar tubuh lebih rileks.

Indikasi 

Salonpas Gel bermanfaat untuk mengatasi beberapa kondisi di antaranya seperti:

  • Nyeri leher
  • Pegal bahu
  • Tangan memar
  • Sakit pinggang
  • Kaki keseleo

Kemasan

Salonpas Gel tersedia dalam kemasan tube berukuran 15 gram dan 30 gram. Salonpas Gel ukuran 15 gram dijual dengan harga mulai dari Rp 7.000 – Rp 14.000, sedangkan untuk ukuran 30 gram dijual dengan harga mulai dari Rp 17.000 – Rp 27.000. Setiap 1 gram Salonpas Gel memiliki kandungan Metil salisilat sebanyak 0,15 gram atau 15% dan L-menthol sebanyak 0,07 gram atau 7%. Salonpas Gel juga tersedia dalam bentuk patch atau koyo. Satu sachet Salonpas Gel Patch memiliki isi 2 lembar koyo dan dijual dengan harga mulai dari Rp 14.000 – Rp 16.000. Setiap harga produk Salonpas Gel bisa berbeda di setiap apotek.

Dosis Pemakaian

Salonpas Gel merupakan obat bebas, sehingga tidak memerlukan resep dokter untuk pemakaiannya. Oleskan secara merata dan pijat dengan perlahan pada bagian tubuh yang mengalami sakit dan nyeri. Biarkan Salonpas Gel meresap dan kering. Jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah mengaplikasikan Salonpas Gel. Anda bisa mengaplikasikan Salonpas Gel sesuai dengan kebutuhan, misalnya 2 kali dalam sehari sampai nyeri dan sakit yang dirasakan sudah menghilang.

Efek Samping

Efek samping yang dapat ditimbulkan dan mungkin terjadi selama pemakaian Salonpas Gel yaitu kulit kemerahan dan gatal-gatal. Efek samping yang timbul bisa terjadi karena pemakaian yang berlebihan dan gejalanya bisa berbeda untuk setiap orang. Hentikan pemakaian Salonpas Gel jika efek samping tidak kunjung reda. Jika gejala semakin bertambah parah seperti muncul biduran, sensasi terbakar yang sangat kuat, hingga bengkak, segera hubungi dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat dan lebih lanjut.

Kontraindikasi

Jangan gunakan Salonpas Gel pada orang yang hipersensitivitas atau memiliki reaksi alergi terhadap kandungan Metil salisilat dan L-menthol.

Interaksi Obat

Interaksi obat bisa menimbulkan perubahan efek obat saat dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lainnya. Hal ini bisa menyebabkan efektivitas obat berkurang atau meningkatkan potensi terjadinya efek samping. Pemakaian Salonpas Gel jarang menimbulkan interaksi dengan obat lainnya. Namun, untuk orang yang rutin mengonsumsi obat warfarin, berpotensi mengalami perdarahan saat menggunakan Salonpas Gel karena adanya kandungan Metil salisilat.

Perhatian PemakaianSalonpas Gel hanya digunakan untuk pemakaian luar saja. Jangan oleskan Salonpas Gel pada bagian tubuh dengan luka bakar, luka terbuka, atau kulit yang mengalami kondisi medis tertentu, seperti kulit mengelupas. Hindari menggunakan Salonpas Gel pada area mata, hidung, dan mulut. Setelah menggunakan Salonpas Gel, jangan gunakan bantal pemanas karena bisa membuat kulit terasa terbakar. Simpan Salonpas Gel di tempat kering dengan suhu ruangan atau di bawah 30oC. Hindari tempat yang terlalu lembap dan jauhkan dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan Salonpas Gel dari jangkauan anak-anak dan binatang peliharaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *