Memberi Kado untuk Bayi Baru Lahir, Apa Pertimbangannya?

Memberi kado untuk bayi baru lahir bukanlah hal yang mudah. Jika tidak dilakukan dengan pertimbangan yang benar, bisa-bisa kado yang Anda berikan menjadi tidak berguna atau sia-sia.

Ada banyak hal yang perlu Anda pikirkan sebelum memberikan kado untuk bayi. Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah orang tua dari sang bayi senang dengan kado tersebut atau tidak.

Pertimbangan sebelum membeli kado untuk bayi baru lahir

Agar kado yang Anda berikan tidak sia-sia, sebaiknya lakukanlah pertimbangan berikut sebelum memberikan kado:.

Kado untuk bayi baru lahir antara lain popok, skincare untuk bayi, dan selimut
  • Memberi kado yang berguna atau berkesan

Ada dua pilihan yang bisa Anda ambil ketika akan membeli kado, apakah Anda akan memberikan kado yang berguna bagi sang bayi atau berkesan bagi sang orang tua. Kado yang berguna biasanya berupa barang-barang kebutuhan sehari-hari bayi, seperti pakaian bayi, popok, selimut bayi, dan lain sebagainya. 

Sementara, kado yang berkesan adalah kado yang lebih memiliki nilai sentimental dibandingkan dengan nilai fungsional. Kado seperti ini biasanya disukai oleh orang tua karena bisa menjadi kenangan bagi sang bayi. Contohnya seperti album foto bayi, lukisan custom, dan lain-lain. 

  • Personalisasi kado

Kado untuk bayi baru lahir akan semakin berkesan apabila dipersonalisasi secara khusus. Dibandingkan dengan memberikan kado yang bisa dibeli secara umum, akan lebih baik jika Anda mencari jasa custom khusus untuk membuat kado yang unik dan tidak ditemukan di tempat lain.

Contohnya, apabila Anda ingin memberikan selimut bayi, maka modifikasilah selimut tersebut dengan lukisan wajah sang bayi atau jahitan nama khusus. Ini adalah salah satu cara untuk mempersonalilsasi kado supaya lebih berkesan. 

  • Sertakan kartu ucapan

Jangan lupa untuk menyertakan kartu ucapan ketika memberikan kado untuk bayi baru lahir. Bayi memang belum bisa membaca pesan dalam kartu tersebut, namun ucapan Anda memiliki nilai yang lebih sentimental untuk orang tua sang bayi. 

Untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya berikan ucapan-ucapan positif yang penuh dengan pengharapan serta doa untuk perkembangan bayi di masa depan. Jika bingung dalam membuat ucapan, Anda juga bisa mengandalkan kutipan-kutipan atau quotes populer dari buku atau film untuk dituliskan di dalam kartu ucapan tersebut. 

  • Pastikan kado tidak berbahaya bagi bayi

Saat memberikan kado untuk bayi baru lahir, perhatikan keamanan dari kado tersebut. Jangan sampai, Anda memberikan kado yang berdampak negatif bagi kesehatan bayi.

Sebagai contoh, Anda mungkin berencana memberikan hadiah berupa boneka sebagai hiburan dan mainan bayi. Akan tetapi, perhatikan apakah boneka tersebut memiliki bentuk bulu yang terlalu tebal dan mudah lepas. Jika iya, maka bulu itu bisa menjadi sumber debu dan bakteri, bahkan bisa membuat bayi rentan mengalami flu.

Jadi, meskipun kado yang akan diberikan berupa mainan, tetap pastikan apakah mainan tersebut aman dan bermanfaat bagi sang bayi atau tidak. 

Jika Anda bisa memberikan kado yang berharga, berkesan, dan sesuai dengan kebutuhan bayi, maka secara tidak langsung Anda juga sudah menghibur orang tua dari bayi yang baru dilahirkan tersebut. 

Bahkan, jika Anda memberikan kado berupa barang kebutuhan sehari-hari, Anda juga bisa membantu meringankan sedikit dari beban orang tua untuk memenuhi keperluan bayi mereka. 

Bijaklah dalam memilih kado untuk bayi baru lahir. Pilihlah kado yang sesuai dengan kebutuhan, kondisi kesehatan, serta jenis kelamin dari bayi tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *