Khasiat Minyak Sereh dalam Minyak Gosok Cap Tawon

Minyak Gosok Cap Tawon adalah suatu produk yang berfungsi untuk membantu meredakan rasa nyeri yang terjadi pada persendian, mengurangi rasa gatal-gatal yang dapat disebabkan karena gigitan serangga seperti nyamuk, serta dapat membantu mencegah infeksi lanjutan pada luka di kulit tubuh.

Selain itu, Minyak Gosok Cap Tawon ini juga memiliki kandungan bahan yang terkenal khasiat kesehatannya, seperti minyak kelapa, minyak kayu putih, daun lada, rimpang jahe, rimpang kunyit, bawang mewah, dan minyak sereh. Minyak sereh ternyata juga punya banyak manfaat untuk kesehatan. Berikut penjelasannya.

Khasiat Minyak Sereh yang Terdapat pada Minyak Gosok Cap Tawon

1. Obat Nyamukf

Banyak penelitian yang mengungkap manfaat minyak sereh yang merupakan bahan penyusun dari Minyak Gosok Cap Tawon. Salah satunya adalah minyak sereh yang digunakan bersama dengan vanillin (ditemukan dalam biji vanili) dapat bermanfaat untuk memberikan perlindungan dari gigitan nyamuk hingga tiga jam. 

2. Obat Antijamur

Beberapa penelitian yang dilakukan telah menemukan bahwa minyak sereh memiliki sifat antijamur tertentu yang dapat digunakan untuk mengatasi atau menghancurkan beberapa jenis jamur tertentu yang dapat menimbulkan masalah kesehatan. 

Sebuah penelitian yang dilakukan tahun 2013 dan dipublikasikan di jurnal PubMed menguji aktivitas antijamur yang terdapat minyak sereh terhadap strain jamur yang dikenal sebagai Aspergillus niger. Jamur ini diduga mengakibatkan infeksi pada paru-paru dan sinus pada orang yang memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Penelitian tersebut juga menemukan bahwa minyak sereh mampu menghancurkan dinding sel jamur serta mampu membunuh organisme di dalam sel yang dapat menimbulkan infeksi. Hal tersebut membuat para peneliti untuk menyarankan penggunaan minyak sereh yang memiliki potensi untuk digunakan sebagai fungisida yang aman dan ramah lingkungan.

3. Menyembuhkan Luka

Minyak sereh memiliki potensi yang digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan luka. Hal ini sangat penting bagi penderita diabetes, karena luka mereka akan cenderung sembuh lebih lambat. 

Tak hanya itu, minyak sereh juga memiliki efek anti jamur dan anti inflamasi. Oleh karena itu peneliti juga menyarankan menggunakan kombinasi dua faktor ini untuk mempercepat proses penyembuhan.

3. Menurunkan Berat Badan

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Nutrients pada tahun 2015 yang dilakukan pada tikus menilai bahwa efek menghirup minyak sereh dan beberapa komponennya sangat berpengaruh pada berat badan. Para peneliti menemukan bahwa menghirup komponen yang terdapat pada minyak sereh dapat berpengaruh terhadap penurunan keinginan makan, menurunkan kolesterol, serta memperlambat penambahan berat badan.

4. Efek Fisiologis dari Inhalasi

Aroma citronella memiliki efek yang lebih kompleks daripada aroma lavender dan rosemary. Para peneliti menyarankan bahwa efek citronella mungkin dapat bervariasi pada setiap individu.

Oleh karena itu, sangat bermanfaat kandungan minyak sereh yang terdapat pada Minyak Gosok Cap Tawon Ini. Minyak Gosok Cap Tawon juga bisa digunakan untuk:

  • mengurangi rasa nyeri yang terjadi pada persendian
  • meredakan sakit gigi dan sakit kepala
  • meringankan sakit perut atau perut yang kembung
  • mengobati infeksi pada luka
  • melancarkan sirkulasi darah di sekitar luka

Cara Penggunaan Minyak Gosok Cap Tawon

Minyak gosok harus digunakan disesuaikan dengan kebutuhan. Pertama, bersihkan area kulit terlebih dahulu yang akan dioleskan minyak gosok ini. Kemudian, tuangkan minyak gosok pada kapas atau telapak tangan, lalu oleskan dengan cara perlahan di area tubuh yang membutuhkan.

Perlu diperhatikan, bahwa minyak ini hanya untuk pemakaian luar. Anda perlu menghentikan pemakaian jika timbul reaksi alergi. Jangan lupa untuk menjauhkan minyak gosok ini dari jangkauan anak-anak. Untuk Anda yang ingin menggunakan Minyak Gosok Cap Tawon, Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 19.388 untuk kemasan isi 20 ml.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *